Home / Tips Sehat / Food Preparation Tanpa Kulkas? Intip Triknya Disini!

Food Preparation Tanpa Kulkas? Intip Triknya Disini!

Published On: 10 November 2022Categories: Tips Sehat

Membuat makanan sendiri bisa jadi lebih sehat daripada makan di luar. Istilah food preparation pun terkenal terutama dikalangan anak muda dan ibu-ibu yang berniat menghemat pengeluaran untuk belanja harian. Kalau kamu tidak punya kulkas, bisa kah menerapkan food preparation ini? Mengingat bahan makanan seperti sayur dan daging harus disimpan dalam suhu rendah agar tidak cepat rusak?

Faktanya, tidak semua bahan makanan disimpan dalam kulkas. Ada bahan makanan yang justru akan cepat membusuk jika terpapar suhu yang rendah. Dengan mengetahui cara menyimpan bahan makanan yang benar, klaim food preparation untuk menghemat pasti bisa dicapai!

Untuk para ibu atau anak kosan yang tidak punya kulkas, jangan khawatir! Berikut Minow berikan tips bagaimana melakukan food preparation meskipun tanpa kulkas.

Cara Food Preparation Tanpa Kulkas

cara food prep pemula

Foto: Unsplash

1. Simpan Sayuran Dalam Wadah dalam Air atau Alas Tisu

Pertama, pastikan kamu membeli sayur yang segar, jika pilih sayur yang sudah lama tentu akan semakin cepat busuknya. Setelah itu, jangan lupa dibersihkan, buang bagian yang busuk jika ada, dan cuci bila perlu.

Simpan sayuran yang sudah dicuci dalam wadah yang beralaskan tisu atau kertas bersih tanpa tinta. Air yang tertinggal pada sayuran bisa membuat sayur cepat busuk, lapisan tisu atau kertas akan membantu menyerap air.

Untuk daun bawang dan seledri masih bisa awet tanpa kulkas dengan cara mencelupkan bagian akarnya ke air dalam botol seperti teknik menanam. Hal ini juga memungkinkan daun bisa tumbuh lagi setelah dipotong.

2. Simpan Tahu dengan Air Garam

Ketika membeli tahu, yang pertama yang harus dilakukan adalah membuang airnya dan cuci hingga lendir yang ada pada permukaan tahu hilang.

Agar tahu awet di suhu ruang, rebus tahu dengan air garam selama 5 menit. Setelah itu tiriskan, dan simpan tahu dalam wadah tertutup berisi air bersih. Karena tahu sangat rentan rusak, sebaiknya tetap dikonsumsi tidak lebih dari dua hari setelah dibeli ya!

3. Simpan Bahan Makanan yang Keras di Ruang Terbuka

Nah, untuk bahan makanan yang keras atau kering, cara menyimpannya tidak sulit. Umbi-umbian seperti kentang, ubi, singkong, wortel, aman jika tidak disimpan dalam kulkas, asalkan tempatnya kering dan tidak lembab.

Selain umbi-umbian, bahan kering seperti beras, pasta kering, mie kering, dan tepung juga aman disimpan dalam suhu ruangan. Hanya saja bahan-bahan ini rentang bau apek dan mengundang kutu, sebaiknya bahan ini tidak disimpan terlalu lama dan segera dikonsumsi.

4. Hindari Makanan Instan dari Sinar Matahari

Makanan instan biasanya aman jika disimpan di luar kulkas, namun kualitas makanan dapat menurun jika tidak disimpan dengan baik. Baca label kemasan untuk mengetahui cara menyimpan makanan yang benar.

Jika kamu punya stok air minum kemasan hingga berkarton-karton, simpan dalam ruangan yang tidak terkena sinar matahari dan beri alas agar tidak langsung menyentuh lantai yang lembab. Begitu juga makanan instan dengan kemasan kaleng atau pouch, simpan di area dapur yang jauh dari jendela agar makanan tidak cepat rusak.

Food preparation biasa dilakukan seminggu sekali, untuk itu kehadiran kulkas sangat membantu untuk menjaga kesegaran bahan makanan. Namun, meskipun tidak punya kulkas, kamu tetap bisa kok melakukannya dengan mengikuti cara-cara di atas.

Food preparation anti ribet dan nggak perlu kulkas? EatNow solusinya! Ada lebih dari 20 menu masakan yang dijamin lezat dan tidak membuatmu bosan!

Yuk, beli sekarang lagi ada diskon 5% plus hadiah langsung uang tunai nih! Hanya sampai 15 November 2022.

eatnow bagi amplop cuan

Bagikan artikel ini

Leave A Comment