Suka Sarapan Bubur? Yuk, Kenalan dengan Bubur Hong Kong!

Published On: 4 February 2022Categories: Blog

Semangkuk bubur ayam yang hangat sudah menjadi andalan warga Indonesia sebagai menu sarapan, atau menu yang biasa disajikan untuk orang yang sedang sakit. Di Indonesia, bubur memiliki beragam jenisnya. Ada bubur manado dengan khas labu kuning dan sayurannya, ada bubur cirebon yang khas dengan kuah kaldu yang kental, dan ada juga bubur betawi yang menggunakan kuah semur. Melipir sedikit ke mancanegara, pernahkah kamu mencoba bubur hong kong?

Sekilas, tampilan bubur hong kong nampak sama dengan bubur ayam yang sering kita lihat pada umumnya yang terdiri dari bubur nasi, suwiran ayam, bawang goreng, dan daun bawang. Dikutip dari Okezone, Chef Jajang Effendi mengatakan bahwa perbedaan di antaranya adalah bubur ayam biasanya menggunakan kecap manis, sedangkan bubur hong kong menggunakan kecap asin dan tidak ada kuahnya.

Kecap asin yang ditambahkan tentu tidak banyak. Dalam satu porsinya hanya perlu kecap asin sebanyak satu sendok makan, karena pada dasarnya bubur sudah memiliki rasa yang gurih karena bahan lainnya seperti ayam atau seafood.

Baca juga: Tidak Perlu Jauh-jauh! Kamu Bisa Cicip Bubur Hong Kong yang Lezat dari Rumah!

Bubur yang ada saat ini diperkirakan dibawa oleh para pedagang asal Cina yang berdatangan ke Indonesia. Seiring berjalannya waktu, bubur pun diadaptasi dengan bumbu dan lauk khas yang dapat dinikmati masyarakat Nusantara. William Wongso, pakar kuliner Nusantara menjelaskan, pedagang Cina mereka dapat membuat bubur dengan mudah saat melakukan perjalanan dagang ke negara lain karena bahan yang digunakan tergolong mudah.

Bubur asli dari pedagang Cina memiliki tekstur yang khas, dimana mereka menggunakan nasi yang dimasak dengan air sehingga bulir nasinya masih nampak dan terasa. Berbeda dengan bubur Indonesia yang memasaknya dari beras dengan air yang lebih banyak hingga tekstur nasi jadi lebih lembut.

berapakah kalori bubur ayam?

EatNow bubur instan siap santap

Karena menjadi menu andalan setiap orang, untuk itulah EatNow meluncurkan menu baru yaitu Bubur Hong Kong yang memiliki tiga varian: ayam, ikan, dan seafood. Bubur yang lembut dan lezat siap disantap kapanpun dan dimanapun!

Jika ingin disajikan dengan hangat, kamu bisa memasukkan pouch EatNow langsung ke dalam air mendidih dan diamkan selama 1 menit sebelum dikonsumsi.

Segera dapatkan rasa EatNow Bubur Hong Kong favoritmu, jangan sampai kehabisan!

Beli sekarang
Beli di Tokopedia

Bagikan artikel ini

Leave A Comment