5 Manfaat Makanan Instan yang Sering Terlupakan

Published On: 12 November 2021Categories: Blog

Makanan instan yang sering kita ketahui banyak dihindari karena dianggap membahayakan kesehatan. Hal tersebut tidak lain karena makanan tersebut biasanya mengandung tinggi gula dan garam dan juga menggunakan bahan pengawet. Tapi, dibalik itu semua kita juga perlu tahu manfaat makanan instan, karena tidak mungkin makanan instan dibuat jika tidak bermanfaat bukan? Yuk kita simak bersama!

Manfaat Makanan Instan

1. Praktis dan hemat waktu

manfaat makanan instan praktis dan hemat waktu

Foto: Hello Sehat

Manfaat makanan instan yang pertama adalah praktis dan hemat waktu. Makanan instan tepat sekali untuk kamu yang sedang melakukan perjalanan seperti mendaki gunung, menginap (camping), atau sekadar stok untuk di rumahmu.

Makanan instan hanya butuh waktu yang sebentar untuk mengolahnya, misalnya saja mie instan atau lauk dalam kemasan yang hanya butuh 3 menit untuk disiapkan. Makanan tersebut juga hadir dalam kemasan yang praktis, dirancang agar memudahkan untuk makan dalam kondisi bagaimanapun dan dimanapun.

2. Hemat biaya

manfaat makanan instan adalah hemat pengeluaran

Foto: Shutterstcok

Selain hemat waktu, konsumsi makanan instan juga dapat menghemat biaya. Makanan instan dapat dengan mudah kita temui saat ini dengan harga yang terjangkau. Selain itu, makanan instan dapat menjadi penyelamat ketika harus karantina mandiri selama 1 minggu, setelah kamu pulang dari bepergian saat pandemi seperti sekarang.

Makanan instan juga menjadi andalan bagi anak kos yang biasanya memiliki budget yang tidak banyak untuk kebutuhan sehari-hari, untuk itu makanan instan cocok untuk anak kos.

Baca juga: Food Preparation: Kelebihan dan Kekurangannya

3. Memiliki perhitungan gizi yang jelas

cara membaca label nutrition fact

Foto: Shutterstock

Berdasarkan UU No. 18 Tahun 2012 tentang Pangan (UU Pangan), setiap produsen makanan dalam negeri yang akan diperdagangkan wajib mencantumkan label kandungan gizi pada kemasannya. Hal ini bertujuan untuk memberi informasi yang jelas kepada konsumen terkait asal, mutu, bahan, keamanan, dan keterangan lain yang diperlukan.

Dengan adanya label kandungan gizi, kita sebagai konsumen pun dapat lebih mudah mengetahui dampak atau manfaat makanan instan tersebut untuk kesehatan kita. Ini tentu akan lebih mudah dibandingkan kita harus menakar atau menebak sendiri kandungan gizi atau kalori dari setiap makanan yang kita konsumsi.

4. Meningkatkan selera makan

manfaat makanan instan meningkatkan selera makan

Foto: Pexels

Jika kamu sedang merasa tidak semangat makan, konsumsi makanan instan dapat meningkatkan nafsu makan kamu lho! Selain harganya terjangkau, rasa dari makanan instan juga umumnya lebih lezat dan sangat menggugah selera, sehingga tidak heran kalau banyak orang menyukainya.

Meskipun beberapa makanan instan terasa lebih lezat karena tinggi bahan penyedap, gula, dan garam, pemrosesan dari makanan instan tersebut juga berpengaruh dalam kelezatan makanan. Misalnya makanan instan yang diproses dengan suhu dan tekanan tinggi yang dapat membuat bumbu masakan dapat lebih meresap dan lebih lezat.

Baca juga: Bagaimana Retort Membuat Makanan Awet Tanpa Bahan Pengawet?

5. Banyak pilihan menu yang sehat

banyak pilihan makanan instan yang sehat

Foto: Freepik

Makanan instan selalu identik dengan makanan yang membahayakan kesehatan dan minimnya nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Namun zaman sekarang sudah banyak penyedia makanan instan yang sehat.

Seperti EatNow salah satu inovasi makanan instan atau lauk siap santap yang diproses dengan teknik sterilisasi, tanpa bahan pengawet dan MSG. EatNow dikembangkan oleh MyMeal Catering yang sudah dipercaya sejak 2005 sebagai penyedia layanan catering diet sehat, jadi kandungan nutrisi dalam EatNow sudah terjamin ya!

Kabar gembira untuk kamu! Ada diskon 20% untuk seluruh produk EatNow selama bulan November 2021. Yuk beli sekarang!

Beli via Website
Beli via Tokopedia

Bagikan artikel ini

Leave A Comment