11 Makanan untuk Anak Kost yang Praktis dan Awet

By Published On: 8 Februari 2023Categories: Blog

Sebagai anak kost kamu pasti memiliki tantangan tersendiri dalam mempersiapkan makanan sehari-hari. Memasak makanan sendiri menjadi salah satu solusi bagi anak kost yang ingin menghemat pengeluaran bulanan. Namun, pastinya kamu memerlukan beberapa bahan makanan terlebih dahulu sebagai stok untuk memasak. Tetapi, tahukah kamu bahan seperti apa saja yang dapat membantu kegiatan anak kost menjadi lebih praktis serta memiliki daya tahan tinggi?

Pada artikel berikut akan dibahas mengenai rekomendasi bahan makanan anak kost yang dapat mempermudah dalam memasak serta memiliki daya tahan yang baik. Yuk simak selengkapnya!

Stok Makanan Anak Kost

Beberapa rekomendasi di bawah ini merupakan bahan makanan anak kost yang hanya memerlukan peralatan masak yang cukup sederhana serta memiliki ketahanan yang panjang. Sehingga memudahkan kamu dalam aktifitas sehari-hari.

1. Beras

Sebagai makanan pokok dan sumber karbohidrat orang Indonesia, beras merupakan makanan wajib untuk kamu stok. Beras sendiri merupakan bahan makanan yang tidak memiliki jangka kadaluarsa pasti asalkan terhindar dari serangga maupun udara lembab sehingga tergolong makanan dengan tingkat keawetan cukup tinggi. Selain itu, cara mengonsumsinya juga cukup praktis hanya memerlukan rice cooker. Belakangan ini juga banyak bermunculan beras kemasan sachet dimana memerlukan waktu lebih singkat untuk memasaknya.

2. Telur

Telur merupakan bahan makanan dengan kandungan protein tinggi serta kandungan asam amino, vitamin, mineral cukup lengkap. Bahan makanan ini sangat mudah untuk kamu olah dengan berbagai macam variasi sehingga sangat cocok menjadi pilihan stok makanan anak kos. Bagi kamu yang sedang menjalankan program penurunan berat badan diet telur juga bisa menjadi solusinya.

3. Granola

Akhir-akhir ini Granola tengah naik daun dan menjadi populer sebagai salah satu asupan makanan sehat yang sangat praktis. Granola mengandung beberapa bahan seperti gandum utuh sebagai bahan utama serta dilengkapi dengan berbagai jenis kacang, buah, dan canola oil. Rasanya renyah dan cenderung manis membuat makanan ini siap untuk menjadi makanan tanpa campuran dan proses pengolahan apapun. Beberapa campuran bahan membuat kandungan nutrisi granola terbilang lengkap, cocok sebagai makanan sehat untuk anak kos.

4. Roti Tawar

Walaupun roti memiliki ketahanan yang lebih singkat dari bahan lain. Roti salah satu opsi alternatif sumber karbohidrat saat kondisi sibuk. Penyajiannya juga sangat mudah dan cepat. Selain itu, kandungan karbohidrat yang tinggi pada roti mempercepat rasa kenyang. Mengenai masa simpan, kamu tidak perlu khawatir karena terdapat beberapa cara untuk memperpanjang masa simpan roti seperti menyimpan pada freezer dan membuatnya jadi roti kering.

5. Abon / Dendeng

Bagi penggemar olahan daging kamu dapat memasukan abon atau dendeng menjadi daftar makanan yang wajib ada. Karena makanan ini memiliki nilai kepraktisan tinggi karena siap untuk disantap. Secara umum, segala jenis daging dapat digunakan menjadi abon atau dendeng. Namun hanya beberapa daging seperti ayam, sapi, dan ikan sering digunakan sebagai bahan baku karena memiliki cita rasa khas. Dari segi nutrisi abon dan dendeng juga terbilang baik seperti kaya protein, mineral, dan vitamin.

6. Mie / Pasta

Makanan ini pastinya sudah menjadi primadona anak kost. Kedua makanan ini juga dapat ditemukan dengan berbagai variasi rasa dengan harga terjangkau, sehingga cocok bagi anak kost yang memiliki budget terbatas. Cara membuatnya juga cukup sederhana hanya menggunakan rice cooker atau merebus melalui kompor.

7. Biskuit

Cemilan ini wajib dimiliki para anak kost agar dapat menjadi pertolongan pertama saat kelaparan terutama pada malam hari. Sebuah tips agar mengonsumsi biskuit tidak membuat kamu cepat lapar. Pilihlah biskuit dengan kandungan rendah fruktosa serta tinggi serat seperti biskuit gandum. Akan lebih nikmat lagi apabila mengonsumsi biskuit dengan campuran susu atau teh. Namun tetap perlu diperhatikan asupan kalori dan gula agar tidak menyebabkan obesitas

8. Sarden / Kornet

Sarden dan kornet merupakan makanan kaleng yang diawetkan sehingga dapat tahan dengan waktu yang cukup lama. Makanan ini bisa disajikan dalam beberapa kali hidangan sehingga cukup terjangkau untuk anak kost. Pastinya kedua makanan ini juga mengandung protein, vitamin, dan mineral. Namun, sebaiknya makanan kaleng tidak dikonsumsi secara rutin karena terdapat bahan pengawet yang beresiko pada kesehatan tubuh.

9. Frozen Food

Bagi kamu yang memiliki kulkas, menyimpan frozen food seperti nugget dan sosis dapat menjadi alternatif makanan yang bisa kamu olah secara praktis. Jenisnya juga sangat variatif mulai dari harga murah hingga mahal bisa kamu sesuaikan dengan preferensi masing-masing. Menemukan frozen food juga sangat mudah ditemukan. Banyak toko umkm hingga supermarket menyediakan pilihan makanan frozen food.

10. Makanan Kering

Salah satu solusi sebagai anak kost yaitu menyimpan makanan kering yang bisa bertahan lebih lama tanpa adanya kulkas. Makanan kering dapat kamu sajikan secara langsung menjadi lauk bersama nasi. Berbagai pilihan makanan kering yang populer seperti kering kentang, kering teri, kering tempe, dan variasi keripik. Pastikan untuk tetap menyimpan makanan kering dengan rapat agar tidak menurunkan kualitas dari makanan.

11. Makanan Instan

eatnow cocok untuk stok makanan anak kos karena tidak perlu disimpan di kulkas

Dengan berkembangnya teknologi dan inovasi, mengonsumsi berbagai jenis makanan menjadi sangat mudah dan relatif murah. Salah satunya dengan makanan instan dari Eatnow. Makanan yang ditawarkan juga memiliki berbagai menu variasi mulai dari makanan ringan hingga makanan berat seperti Bubur kacang hijau, Nasi Goreng, hingga Sate. Nutrisi dan kalori yang tersajikan juga ideal bagi kebutuhan harian tubuh.

Dengan mempersiapkan stok makanan yang praktis, awet dan bergizi, kamu dapat memastikan bahwa makanan yang akan kamu konsumsi memiliki manfaat baik secara kesehatan maupun ekonomi. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan nutrisi dan kualitas makanan.

Bermanfaat? Yuk, bagikan artikel ini!

About the Author: Devika

Crafting ideas into helpful information to be shared with you, EatNow Lovers!

Artikel lainnya

Leave A Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.