Di era modern seperti saat ini, banyak orang yang memiliki aktivitas yang padat sehingga memilih makan makanan yang cepat saji, atau kita sering mendengar makanan fast food atau junk food. Kedua jenis makanan ini sering dikaitkan satu sama lain dan erat dengan sebutan makanan yang tidak sehat. Meskipun begitu, makanan fast food dan junk food sudah menjadi bagian dari gaya hidup.

Definisi fast food dan junk food

Dikutip dari Merdeka.com istilah junk food diciptakan pada tahun 1972 oleh Michael Jacobson, direktur American Center for Science in the Public Interest yang memiliki arti makanan sampah. Istilah tersebut mengacu kepada fakta bahwa kebanyakan junk food adalah makanan dengan tinggi lemak, garam, dan gula sehingga dapat membawa dampak buruk bagi kesehatan. Contoh makanan junk food adalah kue kemasan, permen, dan minuman bersoda.

Fast food artinya makanan cepat saji. Harganya relatif murah dan mudah dijangkau karena biasa ditemukan di restoran. Dianggap sebagai makanan yang berkualitas rendah karena bahannya diproses secara bersamaan sehingga menghemat biaya produksi, jika ada yang ingin membeli makanan hanya perlu dipanaskan dan disusun dalam wadah.

Kandungan nutrisi yang berbeda

bahaya junk food

sumber: Time Magazine

Junk food memiliki kandungan nutrisi yang sangat rendah, alasan itu pula yang membuat makanan ini diberi sebutan makanan sampah karena tidak membawa manfaat yang baik untuk tubuh. Fast food dapat dikatakan demikian pula, karena mengutamakan kecepatan penyajian sehingga sering melupakan nutrisi makanannya.

“Kalau begitu tidak ada bedanya, dong?”

Makanan fast food masih memiliki kandungan gizi seperti karbohidrat yang memberikan energi untuk aktivitas sehari-hari. Selain itu ditemukan juga beberapa restoran cepat saji yang menyajikan salad berisi sayur, daging, dan kacang-kacangan yang tentunya bergizi seimbang. Jadi apakah kita bisa bilang fast food baik untuk kesehatan?

Baca juga: Benarkah Processed Food Berbahaya?

Minow akan bilang kembali ke pilihan EatNow Buddy masing-masing. Dengan segala pilihan makanan yang ada, kita memiliki kewajiban untuk menentukan makanan yang terbaik untuk tubuh kita. Jika memang kita sangat sibuk dan tidak memiliki waktu untuk memasak, pilihlah penyedia makanan cepat saji yang terpercaya dalam menyajikan makanan sehat, salah satunya EatNow.

Dikembangkan oleh MyMeal Catering yang sudah terpercaya melayani catering sehat sejak 2005, pastinya EatNow sudah tidak diragukan lagi kualitas makanannya, meskipun termasuk ke dalam makanan cepat saji. Kamu bisa makan sehat dengan harga yang lebih terjangkau, yuk pesan sekarang!