10 Makanan yang Mengandung Protein Tinggi

Published On: 15 May 2022Categories: Tips Sehat

Selain karbohidrat, protein merupakan sumber energi yang bermanfaat untuk sistem metabolisme tubuh yang menjaga agar berat badan ideal. Protein mengurangi produksi hormon ghrelin yang memicu rasa lapar, sehingga asupan makanan yang mengandung protein tinggi dapat membuat kita kenyang lebih lama. Jika kamu sedang diet, kamu bisa menggantikan asupan karbohidrat dengan protein. Ketahui bahan makanan yang kaya akan protein berikut ini.

1. Kacang

Setiap 100 gram dari kacang mengandung 21 gram protein dan juga mengandung nutrisi lain, seperti vitamin E, lemak, dan serat. Kacang-kacangan yang mengandung protein tinggi, antara lain kacang almond, kacang hazelnut, dan kacang tanah. Ingin memenuhi kebutuhan protein kamu dari menu kacang-kacangan yang praktis? Kamu bisa dapatkan dalam kemasan EatNow Bubur Kacang Hijau atau Kacang Merah.

2. Telur

Dalam 100 gram telur terdapat 13 gram protein. Selain protein, telur juga sumber vitamin B12 dan vitamin A yang baik. Bagian putih telur merupakan sumber protein terbaik dari telur, namun keseluruhan telur (termasuk bagian kuningnya) tentu mengandung nutrisi yang lebih banyak lagi seperti vitamin, mineral, antioksidan, dan lemak sehat.

3. Susu

susu merupakan minuman yang tinggi protein

Susu dikenal sebagai sumber protein tinggi yang baik, kaya vitamin dan mineral seperti fosfor dan kalsium. Dalam 1 gelas susu sapi (246 ml) mengandung sekitar 8 gram protein. Untuk kamu yang memiliki intoleransi laktosa tidak perlu khawatir, karena susu non-dairy seperti susu kacang kedelai dan almond mengandung protein dan manfaat yang tidak kalah baiknya dengan susu sapi.

4. Ikan salmon

Ikan merupakan sumber protein yang bagus serta mengandung nutrisi lainnya seperti selenium dan vitamin B12. Sebuah studi memaparkan bahwa orang yang rutin konsumsi ikan cenderung memiliki risiko yang rendah terkena penyakit hati dan diabetes tipe 2. Ikan salmon tinggi kandungan omega-3 yang merupakan sumber lemak sehat, dalam 120 gram mengandung sekitar 30 gram protein.

5. Daging sapi tanpa lemak

Daging sapi tanpa lemak termasuk makanan mengandung protein tinggi, selenium, zat besi, vitamin B12 dan B6. Sebagai contoh, dalam satu kemasan EatNow Beef Yakiniku 100 gram mengandung sekitar 14 gram protein. Jenis daging merah juga sumber protein yang bagus, namun kamu harus membatasi konsumsi daging merah karena dianggap lebih berisiko terhadap kesehatan.

6. Dada ayam

dada ayam termasuk makanan yang mengandung protein baik

Selain protein, dada ayam menyediakan berbagai vitamin B, ditambah mineral seperti seng dan selenium. Dada ayam juga rendah lemak dan mudah dimasak, cocok untuk berbagai macam olahan. Dalam 100 gram dada ayam mengandung 31 gram protein, kamu bisa coba tambahkan irisan dada ayam ke dalam salad, tumisan, dan sup untuk membuat hidangan lebih mengenyangkan.

7. Edamame

Dalam 100 gram edamame terkandung 11 gram protein. Seperti daging dan produk susu, edamame mengandung asam amino esensial, asam omega-3, dan isoflavon yang berperan sebagai antioksidan untuk menurunkan risiko kanker. Selain itu, edamame sering dijadikan camilan yang sehat karena bebas gluten dan rendah kalori. paket sehat yang lengkap ya!

8. Biji labu

Biji labu merupakan salah satu biji-bijian yang mengandung protein tinggi, zat besi, magnesium, dan seng. Selain itu biji labu juga mengandung serat yang bagus untuk pencernaan. Biasanya biji labu digunakan sebagai topping salad, oatmeal atau yogurt. Dalam 100 gram biji labu mengandung sekitar 19 gram protein.

9. Protein bubuk

Protein bubuk biasa dijadikan tambahan dalam smoothies, yogurt, atau makanan lain untuk menambah kandungan protein. Protein bubuk tersedia dalam berbagai macam rasa yang bisa kamu pilih sesuai selera. Takarannya, dalam satu scoop protein bubuk atau sekitar 27 gram mengandung 17 gram protein.

10. Tempe

Tidak heran jika tempe merupakan makanan yang mengandung protein tinggi. Pasalnya bahan baku makanan ini adalah kacang kedelai yang tinggi protein. Dalam 100 gram tempe mengandung sekitar 19 gram protein. Tempe juga sangat mudah diolah, bisa ditumis sebagai lauk, atau digoreng sebagai camilan.

Manfaat konsumsi makanan yang mengandung protein

info-23@2x

Tidak hanya bermanfaat sebagai sumber energi untuk tubuh, protein juga memiliki manfaat lain sebagai berikut.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Salah satu manfaat protein adalah meningkatkan kekebalan tubuh. Hal ini karena protein membantu membentuk imunoglobulin atau antibodi yang berperan penting dalam melawan infeksi virus dan bakteri. Antibodi tersebut akan membantu mencegah penyakit yang dihasilkan oleh bakteri atau virus yang sama di kemudian hari, sebab sel-sel imun dalam tubuh sudha terlatih dan dapat merespon dengan cepat.

Menjaga berat badan ideal

Protein dapat membuat hormon ghrelin berkurang, hormon ini adalah hormon pemicu rasa lapar. Selain mengurangi ghrelin, protein meningkatkan hormon GLP-1 yang membuat kita merasa kenyang. Ini menjadikan protein makanan yang baik untuk diet karena nafsu makan kita lebih terkontrol.

Selain itu, mengonsumsi protein dapat membantu meningkatkan massa otot jika diikuti dengan latihan ketahanan. Semakin rajin kita berlatih, semakin mudah lemak dalam tubuh kita berkurang dan berat serta bentuk tubuh akan lebih ideal.

Itulah contoh makanan yang mengandung protein serta manfaatnya. Apakah kamu sudah cukup konsumsi protein hari ini? Jangan lupa untuk selalu stok makanan berprotein tinggi dari EatNow seperti varian Beef Yakiniku, Sate, atau Rendang yang bisa kamu santap dimanapun dan kapanpun.

Bagikan artikel ini

Leave A Comment