Panduan Memilih Makanan Siap Saji yang Sehat

Published On: 7 October 2021Categories: Tips Sehat

Makanan siap saji tidak dapat dilepaskan dari keseharian kita meskipun selalu disebut dalam daftar makanan yang tidak menyehatkan tubuh. Beberapa artikel membahas bahwa makanan ini mengandung tinggi garam, gula, dan kalori namun kurang serat, vitamin dan mineral. Contoh makanan tersebut yang biasa kita temui adalah kentang goreng, donat, ayam goreng, dan burger, yang umumnya mudah dijangkau melalui jaringan restoran cepat saji.

Bagi kita yang ingin hidup sehat pasti terpikirkan untuk menjauhi makanan siap saji seperti yang disebutkan di atas, padahal tidak semua makanan jenis ini tidak sehat bagi tubuh. Pada dasarnya, salah satu dampak positif dibuatnya makanan siap saji adalah mempermudah akses makanan bagi semua orang dan diproses sedemikian rupa agar nutrisi yang terkandung dalam bahan penyusunnya terjaga dan tetap bermanfaat. Pada keadaan tertentu seperti sibuk bekerja, atau anak yang memiliki aktivitas luar sekolah yang padat juga mengandalkan makanan siap saji untuk mengisi energinya, untuk itu kita harus cermat dalam memilih makanan.

Memilih Makanan Siap Saji Bergizi

Makanan siap saji adalah makanan yang bisa disajikan dalam waktu yang cepat, berkisar antara 5-10 menit. Kamu bisa memilih di antara banyak makanan saji di berbagai restoran cepat saji. Memang tidak mudah menemukan yang lebih baik dari yang ada saat ini, namun ada beberapa tips dari Minow yang dapat kamu ikuti untuk menjaga makanmu agar tetap sehat meskipun dengan makanan siap saji.

1. Kurangi makanan yang digoreng

hindari makanan siap saji yang digoreng

Foto: Alodokter

Kebanyakan restoran fast food menyajikan aneka makanan yang digoreng dan memakai minyak yang mengandung lemak trans. Minyak ini bisa membuat tekstur makanan jadi lebih renyah dan bisa dipakai berulang kali. Sayangnya minyak ini merupakan jenis lemak tidak baik untuk dikonsumsi.

Dikutip dari Liputan6, lemak adalah jenis makronutrien yang paling lambat dicerna. Karena makanan berminyak mengandung banyak lemak, mereka memperlambat pengosongan perut dan membuat makanan tahan lebih lama di perut yang berpotensi menyebabkan kembung, mual, dan sakit perut. Pada orang dengan kondisi pencernaan tertentu, makanan ini dapat memperburuk gejala seperti kram dan diare.

Pastikan gorengan yang kamu makan, atau memilih restoran yang menggunakan minyak yang lebih sehat seperti minyak zaitun, minyak kanola, atau minyak kelapa dan tidak dipakai berulang lebih dari dua kali.

2. Hindari penggunaan mayonaise berlebihan

Mayonaise memang membuat makanan jadi lebih gurih dan sedap. Sering ditemui sebagai salad dressing atau pengganti saus tomat karena rasanya yang asam, asin, dan pedas sekaligus. Namun jika terlalu sering konsumsi mayonaise dapat membawa efek samping juga terhadap kesehatan kita.

Harus kita ketahui bahwa mayonaise mengandung banyak gula dan lemak. Karena tinggi lemak itu pula yang dapat menyebabkan tekanan darah meningkat yang membahayakan jantung. Selain itu pada orang yang memiliki masalah pencernaan, mayonaise dapat membuat kondisi perut jadi tidak nyaman. Contohnya pada penderita gastritis, kandungan sodium pada mayonaise tidak baik untuk lapisan lambung dan bisa menimbulkan heartburn juga infeksi perut.

3. Hindari minuman bersoda

Banyak restoran yang memilih minuman tak sehat untuk melengkapi makanan siap saji yang mereka hidangkan. Misalnya saja aneka jenis minuman bersoda. Minuman bersoda mengandung tinggi gula yang membuat kita beresiko terkena penyakit diabetes jika dikonsumsi terlalu banyak. Selain itu terlalu banyak minum dengan kandungan soda bisa memicu timbulnya penyakit sindrom metabolik. Sebagai upaya hidup yang lebih sehat, pilihlah minuman yang lebih baik seperti air mineral biasa atau jus buah yang rendah gula.

Daftar Makanan Siap Saji yang Sehat

Pada dasarnya makanan siap saji adalah makanan yang dapat disajikan dengan cepat dan praktis, berbeda dengan junk food yang memiliki kandungan gizi yang sangat rendah.

Kamu tetap bisa memilih menu makanan siap saji yang bergizi dan sehat, seperti rekomendasi Minow berikut ini.

1. Salad

salad sebagi pilihan makanan siap saji yang sehat

Foto: Viva

Salad merupakan salah satu contoh variasi dalam penyajian buah-buahan dan sayur-sayuran. Untuk menyiapkan salad sendiri juga tidak sulit, kamu hanya perlu mencuci dan memotong buah atau sayur yang akan digunakan, kemudian tambahkan saus atau minyak zaitun sebagai topping.

Saat ini salad mudah ditemui juga di beberapa restoran siap saji. Tapi meskipun salad termasuk ke makanan siap saji yang sehat tetaplah perhatikan bahan yang digunakan, jangan menggunakan saus seperti thousand island terlalu banyak yang dikenal tinggi lemak, kamu bisa menggantinya dengan plain yogurt dan menambah perasan lemon sebagai penambah rasa.

2. Smoothies

smoothies siap saji yang menyehatkan

Foto: Fimela

Variasi lain dari penyajian buah dan sayur adalah dengan membuat smoothies. Saat ini sudah banyak bermunculan gerai di beberapa lokasi yang menjual smoothie atau berbagai penyajian jus lainnya, misalnya cold-pressed juice. Dikutip dari Dream, Chef Yuda Bustara menjelaskan bahwa cold-pressed juice merupakan minuman yang diolah dengan mesin dan hanya diambil sarinya dan akan lebih baik kalau kita pilih smoothies yang diolah dengan kulitnya juga. Beberapa kulit buah seperti apel dan pir mengandung tinggi serat sehingga dapat membuat kenyang lebih lama.

Minuman ini dibuat dari kombinasi buah dan sayur yang mengandung vitamin dan mineral, beberapa kombinasi juga dapat membuat kamu kenyang sehingga tidak perlu makan makanan lain. Kamu bisa mencoba smoothies dengan bahan pisang, oatmeal, alpukat, atau susu almond karena bahan-bahan tersebut mengandung protein, karbohidrat, serat, dan lemak tak jenuh yang baik untuk kesehatan.

3. Sushi

Pada umumnya sushi memang dibuat dadakan setelah pelanggan memesan, namun ada beberpa restoran yang menyediakan konsep sushi siap saji. Berbagai jenis sushi sudah dibuat oleh chef untuk kemudian diletakkan dalam display pendingin dan terjaga kualitasnya.

Sushi merupakan makanan paket lengkap karena terdiri dari karbohidrat dari nasi, vitamin dan mineral dari topping sayuran, dan protein yang bisa didapat dari telur, ikan, atau daging. Tidak heran jika orang di Jepang sangat mengandalkan sushi sebagai bekal bekerja atau sekolah karena praktis dan sehat.

4. EatNow Healthy Ready Meal

eatnow bubur instan siap santap

Foto: EatNow Bubur Hong Kong

EatNow dapat menjadi pilihan yang tepat untuk kamu! EatNow bukan hanya makanan siap saji namun makanan siap santap, yang artinya dapat langsung dikonsumsi. EatNow memiliki puluhan menu karbo, protein, dan snack khas nusantara, western, dan juga menu-menu oriental sehingga tidak membuat kamu bosan ketika harus stok banyak di rumah. Tidak seperti daftar makanan sebelumnya, EatNow berbentuk kemasan pouch yang sangat praktis untuk dibawa kemanapun.

Meskipun dalam bentuk kemasan dan awet hingga 1 tahun, EatNow tidak menggunakan pengawet loh! Proses yang membuat EatNow awet adalah dengan sterilisasi menggunakan mesin retort, sehingga bakteri pembusuk makanan mati karena tekanan dan suhu tinggi yang diberikan. Kamu bisa membeli produk EatNow secara online melalui menu Shop di sini.

Bagikan artikel ini

One Comment

  1. Yany P 9 October 2021 at 9:47 am - Reply

    Yes,,benar banget kita harus menjaga makanan kita yang bergizi dan sehat. Apalagi kita harus menjagai imunitas tubuh dikala masa corona virus masih merajalela… Aku udah pernah coba makan EatNow, rasanya enak, terus praktis banget penyajiannya, karena aku dirumah gak punya mirowave jadi aku masak dipanci. Pas harganya dan pas rasanya!

Leave A Comment