Beragam Manfaat Kacang Merah Bagi Ibu Hamil

Published On: 28 January 2022Categories: Tips Sehat

Kacang-kacangan, termasuk kacang merah, dikenal dengan kandungan protein dan serat yang baik. Manfaat kacang merah tidak hanya baik bagi kesehatan, namun memiliki khasiat yang luar biasa juga jika dikonsumsi ibu hamil.

Dalam 100 gram kacang merah terkandung nutrisi di antaranya:

  • 7–8,5 gram protein
  • 20–25 gram karbohidrat
  • 5,5–7 gram serat
  • 0,5–1 gram lemak
  • 80–90 milligram (mg) kalsium
  • 6–7 miligram zat besi
  • 300–1.400 miligram kalium
  • 4,5–5 milligram vitamin C

Tinggi folat untuk perkembangan otak janin

Kacang merah adalah sumber folat yang sangat baik, vitamin B yang membantu produksi DNA dan pembelahan sel. Folat memainkan peran utama dalam produksi energi. Satu cangkir kacang merah mengandung 230 mikrogram folat, yang merupakan 57 persen dari AKG untuk pria dan perempuan, dan 38 persen dari AKG untuk perempuan hamil.

Folat juga penting untuk mencegah terjadinya cacat bawaan pada saraf dan otak janin, seperti spina bifida. Selain mengandung folat, kacang merah juga mengandung kolin yang berperan penting dalam menunjang perkembangan otak janin.

Saat hamil atau sedang berencana untuk hamil, seorang wanita perlu memenuhi kebutuhan folat sehari-hari sebanyak 400–600mcg, terlebih pada trimester pertama kehamilan. Asupan tersebut bisa dipenuhi dengan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung folat, seperti kacang merah, buah, sayuran, telur, dan ikan, serta suplemen kehamilan.

Mencegah anemia dan kekurangan zat besi

Zat besi, folat, dan vitamin B12 merupakan jenis nutrisi penting yang berperan dalam produksi sel darah merah. Kandungan ini semua ada di dalam kacang merah yang menjadi manfaat kacang merah berikutnya. Selama masa kehamilan, tubuh ibu hamil akan memproduksi lebih banyak darah untuk menunjang kebutuhan nutrisi janin serta mendukung pertumbuhan dan perkembangan berbagai organ tubuhnya.

Kondisi anemia atau kurang darah saat hamil bisa meningkatkan risiko terjadinya kelahiran prematur, cacat janin, bayi terlahir dengan berat badan rendah, hingga perdarahan pasca bersalin. Agar jumlah sel darah merah tercukupi, ibu hamil perlu mendapatkan asupan 28–30 mg zat besi setiap harinya. Asupan zat besi tersebut bisa diperoleh dari manfaat kacang merah, daging, ikan, telur, atau suplemen zat besi yang diresepkan dokter.

Mengandung asam amino

Asam amino diketahui sebagai protein pembentuk kehidupan pertama di bumi. Untuk itu asam amino merupakan protein yang penting bagi janin untuk membentuk sistem kekebalan tubuh yang baik. Asam amino juga terkandung dalam beberapa makanan lain selain kacang merah yaitu tahu, tempe, oncom, ayam, daging sapi, kambing, telur, ikan, udang, cumi, dan kerang. Namun ibu hamil harus tetap berhati-hati ketika mengonsumsi makanan laut.

Begitu beragam manfaat dari konsumsi kacang merah. Bagi ibu hamil, pastikan mengolahnya dengan benar agar mendapat manfaat yang maksimal. Untuk itu EatNow menghadirkan Bubur Kacang Merah yang aman untuk dikonsumsi ibu hamil. Ibu hamil tidak perlu khawatir karena selain rasanya yang lezat, Bubur Kacang Merah EatNow dibuat dari bahan-bahan organik yang baik bagi kesehatan ibu dan janin.

Bagikan artikel ini

Leave A Comment