Tahapan Pengolahan Makanan dengan Retort

Published On: 7 January 2022Categories: Blog, Teknologi Retort

Makanan dalam kemasan kaleng mudah sekali kita temui di minimarket. Varian menunya juga beragam, tidak hanya olahan ikan atau daging sapi, namun ada juga lauk siap santap seperti rendang atau opor ayam yang bisa langsung dimakan. Makanan olahan siap santap kini tidak hanya tersedia dalam kemasan kaleng, ada pula dalam kemasan pouch seperti EatNow sehingga lebih ringkas dan ringan ketika dibawa kemana-mana.

Metode pengolahan makanan kemasan siap santap, baik dalam kemasan kaleng dan juga pouch, diolah dengan metode yang sama yaitu retort atau sterilisasi dengan suhu dan tekanan tinggi. Penggunaan kemasan kaleng ditujukan untuk menahan suhu dan tekanan agar makanan tetap aman dan tidak rusak. Namun kemasan pouch untuk pemrosesan retort juga sudah diperbarui sehingga dapat menjaga kualitas makanan yang sama baiknya dengan kaleng.

Baca juga: Belum Tau Teknologi Retort? Hati-hati Ketinggalan Zaman!

Apa saja tahapan pengolahan makanan retort?

Karena makanan yang akan diolah adalah makanan matang dan siap saji, persiapan harus dilakukan dengan benar agar kualitas makanan tetap terjaga dengan baik. Untuk itu, setiap pabrik pengolahan makanan perlu memiliki standar operasional dalam kegiatan produksinya.

Berikut ini adalah tahapan pengolahan makanan dengan teknik retort yang dilakukan dalam produksi EatNow.

  1. Persiapan makanan: karena EatNow adalah makanan siap santap, makanan disiapkan dengan cara dimasak terlebih dahulu.
  2. Pengemasan (filling and sealing): makanan dimasukan ke dalam kemasan retort pouch yang kedap udara, lalu ditutup rapat.
  3. Pengolahan dengan mesin retort: makanan dan kemasan retort pouch dimasukan ke dalam mesin retort yang telah/kemudian diatur suhu temperatur, tekanan, dan durasinya.
  4. Pendinginan: makanan dikeluarkan dari mesin retort dan memasuki cooling down process untuk didinginkan.
  5. Karantina: makanan akan dikarantina selama 14 hari sebelum dinilai berhasil tidaknya proses sterilisasi.
  6. Uji laboratorium: sampel dari makanan yang telah dikarantina tersebut akan diuji kelayakannya di laboratorium.
  7. Penyimpanan: makanan kemudian disimpan di ruangan steril.
  8. Pendistribusian: makanan siap untuk didistribusikan dan dijual kepada konsumen.
  9. Penyajian: makanan dapat dimakan langsung atau dihangatkan menggunakan microwave (selama 1 menit) atau direbus langsung beserta pouch (selama 3 menit).

Baca juga: Bagaimana Retort Membuat Makanan Awet Tanpa Bahan Pengawet?

Proses pengolahan makanan kemasan memang harus dilakukan sesuai standar kualitas yang tinggi. EatNow juga menerapkan standar khusus demi menjaga kualitas makanan tetap baik dan sehat untuk dikonsumsi kamu dan keluarga. Kamu bisa mendapatkan menu EatNow favoritmu melalui Official Store EatNow di Tokopedia atau langsung membelinya di halaman Shop website ini.

Bagikan artikel ini

Leave A Comment