5 Tips Packing Carrier Agar Nyaman di Punggung

Published On: 11 December 2021Categories: Blog

Selain menyiapkan perlengkapan sebelum naik gunung, menyusun atau packing barang-barang tersebut ke dalam tas juga perlu diperhatikan. Tas carrier atau tas untuk mendaki memiliki kapasitas yang besar. Tas yang besar ini dapat memberatkan punggung kita jika barang-barang bawaan kita tidak disusun dengan rapi dan benar. Berikut Minow berikan tips untuk packing carrier yang baik dan benar agar tidak memberatkan dan tetap nyaman di punggungmu.

1. Buat Checklist Barang Bawaan

buat daftar barang bawaan ketika mendaki gunung

Foto: Black Xperience

Sebelum mendaki, kamu harus membuat daftar barang yang perlu kamu bawa. Barang penting seperti matras, jaket, bekal makanan, serta perlengkapan penting untuk mendaki gunung lainnya jangan sampai tertinggal. Sesuaikan juga jumlah barang yang kamu bawa dengan perkiraan lama pendakian. Terutama bagi kamu yang baru pertama kali mendaki, kamu harus tahu barang yang benar-benar dibutuhkan agar tidak memenuhi tas kamu.

2. Kelompokkan Barang

Peralatan yang Wajib dibawa Saat Mendaki Gunung

Foto: Hipwee

Kamu bisa mengelompokkan barang sesuai dengan kebutuhan. Misal perlengkapan pribadi seperti pakaian, bekal makanan, dan alat darurat. Kemudian kelompok lain adalah perlengkapan tidur seperti matras, kantong tidur, tenda, dan selimut. Dengan mengelompokkan barang dapat mengurangi risiko lupa akan sesuatu barang yang perlu dibawa.

3. Siapkan Kantong Anti Air

Cara Packing Tas Carrier Saat Mendaki - Natasangin Adventure

Foto: Natasangin Adventure

Setelah selesai mengelompokkan barang, kamu bisa memasukkan barang-barang tersebut ke dalam kantong anti air. Kita tidak tahu cuaca seperti apa yang akan terjadi ketika pendakian, kantong air bertujuan melindungi barang-barang dari kemungkinan turunnya hujan, atau tanah yang lembap agar tidak menembus ke barang bawaan.

4. Atur Posisi Barang

cara packing carrier yang benar untuk naik gunung

Foto: Phinemo

Dilansir dari situs Phinemo, ada dua jenis prioritas dalam menempatkan barang dalam carrier, yaitu berdasarkan berat dan berdasarkan kebutuhan.

Area yang berwarna merah ditujukan untuk meletakkan barang yang berat, tujuannya agar beban tersebut tidak memberatkan punggung karena pundak yang akan menopang beban tersebut. Area yang berwarna oren untuk meletakkan barang yang tidak terlalu berat seperti alat masak. Untuk area yang berwarna kuning ditujukan untuk barang dengan berat yang ringan dan jarang kita gunakan, seperti pakaian, tenda, dan matras. Kemudian area hijau digunakan untuk barang yang lebih ringan lagi, biasanya barang penting seperti jaket, kotak P3K, atau cemilan ringan diletakkan pada area ini agar mudah diakses.

5. Jangan Lupa Membawa Tas Kecil

Pentingnya Penggunaan Tas Selempang Saat Pendakian Gunung

Foto: Super Adventure

Tas kecil yang berjenis selempang juga perlu kamu bawa untuk meletakkan benda-benda kecil yang sekiranya akan kamu butuhkan di tengah perjalanan. yang bisa kamu simpan dalam tas kecil ini seperti dompet, kamera saku, ponsel, dan lain-lain.

Nah, itulah beberapa tips dan cara packing carrier dari Minow yang dapat kamu terapkan sebelum mulai mendaki. Dengan mengetahui tata cara packing yang benar, kamu dapat memaksimalkan fungsi tas dan meminimalisir risiko cedera pada tubuhmu.

Bagikan artikel ini

Leave A Comment