Tips Packing Carrier Agar Punggung Tetap Nyaman

By Published On: 11 Desember 2021Categories: Blog

Bagi kamu yang berpengalaman naik gunung mungkin sudah khatam cara packing carrier yang benar, atau jangan-jangan masih ada yang bingung bagaimana caranya agar nyaman di punggung?

Pas, banget nih di artikel ini MinNow akan bagikan panduan lengkapnya, cocok buat kamu si pendaki pemula.

Mengapa Packing Carrier yang Nyaman Itu Penting?

Carrier atau tas gunung memang didesain khusus untuk membawa banyak barang dan berat, anggaplah kita sedang ingin “hidup sementara” di alam luar tentu harus membawa persiapan yang mumpuni.

Jika carrier tidak dipacking dengan baik, kamu mungkin akan mengalami ketidaknyamanan, mudah lelah, atau bahkan cedera pada punggung. Oleh karena itu, memahami cara packing yang benar sangatlah penting untuk menjaga kenyamanan dan kesehatan selama perjalanan.

Tips Packing Carrier yang Benar

infografis tips packing carrier

1. Pilih Carrier yang Sesuai

Langkah yang paling utama adalah memilih carrier yang sesuai dengan kebutuhan dan anatomi tubuh kamu. Bagaimana cara memastikannya?

Kamu bisa lihat dari bentuk tas sebelum membeli dengan datang ke tokonya langsung. Perhatikan desain yang ergonomis untuk membantu mendistribusikan beban dengan lebih merata di punggung, mengurangi tekanan pada titik-titik tertentu, dan pastinya lebih nyaman saat digendong.

Selain itu, sesuaikan ukuran carrier dengan postur tubuh. Pastikan tidak terlalu besar atau terlalu kecil untuk tubuh kamu. Perhatikan petunjuk ukuran yang diberikan oleh produsen carrier untuk memastikan kamu sudah memilih ukuran yang tepat.

Selanjutnya, pilih carrier dengan bahan yang nyaman dan tidak membuat lembab. Bahan yang dapat menjaga sirkulasi udara dengan baik akan mencegah terjadinya iritasi pada kulit.

2. Siapkan Barang-Barang dengan Baik

Sebelum memasukkan perlengkapan mendaki ke dalam carrier, ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan untuk mempersiapkannya dengan baik.

Yang pertama pastinya kamu harus susun barang-barang dengan rapi di dalam carrier. Letakkan barang yang sekiranya sering kamu butuhkan di tempat yang mudah dijangkau.

Jika perlu, gunakan organizer atau tas kecil untuk memisahkan barang-barang kecil atau yang rentan terhadap kerusakan.

3. Distribusikan Beban dengan Seimbang

Setelah disiapkan dan dipilah barang yang akan sering digunakan dan tidak, selanjutnya adalah mulai distribusikan barang ke dalam carrier. Distribusi yang seimbang akan mencegah punggung pegal atau terasa tegang.

Mengutip dari situs Napak Tilas, kamu bisa ikuti posisi barang sesuai kode warna pada gambar berikut:

cara packing untuk mendaki gunung

Foto: Napak Tilas

Area yang berwarna merah ditujukan untuk meletakkan barang yang berat, tujuannya agar beban tersebut tidak memberatkan punggung karena pundak yang akan menopang beban tersebut.

Area yang berwarna oren untuk meletakkan barang yang tidak terlalu berat seperti alat masak.

Area yang berwarna abu-abu ditujukan untuk barang dengan berat yang ringan dan jarang kita gunakan, seperti pakaian, tenda, dan matras.

Area biru digunakan untuk barang yang lebih ringan lagi, biasanya barang penting seperti jaket, kotak P3K, atau cemilan ringan diletakkan pada area ini agar mudah diakses.

Pastikan tidak ada barang yang terlalu panjang atau menggantung dari carrier. Barang-barang yang menggantung dapat mengganggu keseimbangan dan menjadi hambatan saat kamu bergerak.

4. Pasang Carrier dengan Benar

Setelah menyiapkan barang-barang dan mendistribusikan beban dengan seimbang, saatnya memasang carrier dengan benar di punggung.

Pastikan tali bahu dan pinggang carrier diatur dengan benar. Tali bahu harus pas di atas bahu, sedangkan tali pinggang harus diposisikan di sekitar pinggang dengan pas. Pastikan tali-tali ini tidak terlalu kencang atau terlalu longgar.

Kemudian, periksa apakah carrier terpasang dengan aman di punggungmu. Pastikan semua pengait dan penjepit terkunci dengan baik dan tidak ada bagian carrier yang kendur.

5. Praktekkan Teknik Mengangkat yang Tepat

Beratnya beban dalam carrier jangan sampai membuat tubuhmu terkilir saat mengangkatnya. Jika akan mengangkat carrier dari permukaan yang rendah, atur posisi tubuh seperti melakukan squat, yaitu tekuk lutut dan pinggul sambil menjaga punggung tetap lurus.

Lalu, saat berjalan pastikan untuk menjaga postur tubuh yang baik saat membawa carrier di punggung. Jaga punggung tetap lurus, bahu rileks, dan langkah kaki stabil. Ini akan membantu mengurangi ketegangan dan mengoptimalkan kenyamanan saat bergerak.

6. Istirahat dan Mengatur Posisi

Selama perjalanan atau aktivitas dengan carrier di punggung, penting untuk mengambil istirahat secara teratur dan mengatur posisi carrier.

Berhenti sejenak untuk istirahat secara teratur selama perjalanan akan memberikan waktu bagi tubuh untuk bersantai dan memulihkan energi. Lakukan peregangan ringan untuk menghilangkan rasa lelah dan tegang yang mungkin terjadi pada punggung, pinggang, dan kaki.

Jika di perjalanan kamu merasa tidak nyaman atau ada tekanan tertentu pada punggung, kamu bisa ubah posisi carrier. Sesuaikan kembali tali bahu dan pinggang, atur beban di dalam carrier, atau geser carrier sedikit ke atas atau ke bawah. Buatlah posisi yang paling nyaman agar kamu tidak cedera.

7. Perhatikan Kondisi Fisik

Terakhir, penting untuk memperhatikan kondisi fisik sebelum melakukan pendakian.

Jaga kebugaran tubuhmu dengan rajin berolahraga secara teratur dan menjaga pola makan yang sehat. Ini akan mempersiapkan tubuh agar siap menghadapi medan dan cuaca yang tidak menentu selama mendaki gunung, apalagi kamu sambil membawa beban yang cukup berat.

Kalau kamu punya riwayat masalah pada punggung atau kondisi kesehatan lainnya, disarankan untuk konsultasi dulu dengan dokter, apakah memungkinkan jika kamu mendaki dengan membawa beban seberat itu. Tapi, kalau dari dokter tidak menyarankan, jangan dipaksakan ya!

Mengemas carrier dengan baik dan mengikuti teknik yang tepat saat membawanya di punggung sangat penting untuk menjaga kenyamanan dan kesehatan tubuh selama pendakian.

Dengan memilih carrier yang sesuai, menyiapkan barang-barang dengan baik, mendistribusikan beban dengan seimbang, memasang carrier dengan benar, menggunakan teknik mengangkat yang tepat, mengatur posisi, dan memperhatikan kondisi fisik, kamu akan dapat mengoptimalkan pengalaman membawa carrier dan menghindari ketidaknyamanan atau cedera.

Buat yang sudah siap mendaki, jangan lupa bawa EatNow ya untuk bekal saat naik gunung! Kebayang dong udah bawa peralatan mendaki dan pakaian yang berat, jangan sampai dipusingkan urusan makan yang ribet.

Sudah siap packing? Selamat mendaki!

  • Cara Packing Carrier yang Benar Untuk Naik Gunung. Diakses dari https://phinemo.com/cara-packing-carrier-yang-benar-untuk-naik-gunung/
  • Cara Packing Carrier yang Benar Agar Nyaman di Punggung. Diakses dari https://napaktilas.net/cara-packing-carrier/

Bermanfaat? Yuk, bagikan artikel ini!

About the Author: Devika

Crafting ideas into helpful information to be shared with you, EatNow Lovers!

Artikel lainnya

Leave A Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.