Daftar Perlengkapan untuk Camping yang Wajib Dibawa, Jangan Sampai Ketinggalan!

By Published On: 27 Maret 2023Categories: Blog

Camping adalah salah satu kegiatan refreshing yang banyak diminati. Kegiatan sederhana ini tidak memerlukan biaya yang besar dan bisa dilakukan di mana saja. Camping juga cocok sebagai sarana mendekatkan diri dengan keluarga atau teman dengan suasana alam yang menenangkan. Bagi kamu yang punya rencana camping, berikut rekomendasi perlengkapan untuk camping yang wajib kamu bawa.

1. Tenda

Tenda adalah hal esensial ketika camping, karena menjadi tempat utama kita untuk istirahat nanti.

Tentukan tujuan camping kamu, apakah ada di wilayah yang basah dan lembab atau kering, kemudian jumlah orang yang ikut. Ini akan membantu menentukan jenis tenda yang harus dibawa.

Salah satu jenis tenda yang banyak dipakai camping adalah jenis dome karena mudah didirikan dan juga kokoh.

Kalau kamu jarang camping dan tidak punya tenda, kamu bisa menyewanya di tempat camping nanti, jadi tidak perlu repot membelinya.

2. Matras

Bagi pemula, perlu diketahui bahwa tenda saja tidak cukup untuk alas duduk atau tidur karena cukup tipis, maka itu perlu dilapisi lagi dengan matras.

Matras juga berfungsi sebagai pelindung tubuh agar tidak langsung menyentuh alas tenda. Tanpa matras, jika permukaan tanah basah dan tidak rata serta banyak batu kerikil akan membuat tidur kita tidak nyaman.

3. Sleeping bag

Agar tidur lebih nyaman, kamu disarankan untuk membawa sleeping bag. Meskipun sudah ada matras, sleeping bag bisa jadi pelapis tambahan dari udara dingin.

Kalau kamu tidak punya sleeping bag, kamu bisa membawa selimut saja, atau bisa juga sewa di tempat camping beserta tenda dan matrasnya.

4. Jaket

Jaket adalah pakaian wajib yang harus kamu bawa saat camping, apalagi kalau tujuan camping dekat dengan wilayah gunung yang memiliki suhu rendah.

Sebenarnya, selain jaket kamu juga perlu siapkan kaus kaki, sarung tangan, dan jas hujan. Udara yang dingin bisa membuat kulit jadi sangat kering dan lingkungan sekitar menjadi lembab dan basah.

5. Alat memasak

Jangan dikira jika kamu camping di tempat wisata ada restoran yang buka ya! Mungkin ada di sebagian tempat yang menyediakan cafetaria atau warung kecil yang menjual makanan, namun akan lebih berkesan jika kita masak sendiri bukan?

Untuk itu, alat masak sederhana seperti kompor, gas portable, dan panci serbaguna yang anti lengket menjadi perlengkapan untuk camping yang tidak boleh ketinggalan. Masak sendiri juga akan lebih hemat pengeluaran daripada membeli makanan di tempat wisata.

6. Bahan makanan

Nah, kalau sudah bawa alat masak jangan lupa membawa bahan makanannya.

Ketika di luar ruangan utamakan bahan makanan yang praktis dan mudah untuk dimasak, namun tetap mengenyangkan dan bergizi. Jangan sampai pulang camping justru sakit karena kurang asupan.

Makanan yang dibawa biasanya makanan instan seperti mie, pasta, roti, hingga nasi dan lauk instan. Salah satu rekomendasi yang bisa kamu bawa adalah EatNow.

EatNow adalah makanan instan sehat yang bisa langsung disantap, jika ingin lebih nikmat bisa Anda hangatkan dulu dengan merebus kemasannya dalam air mendidih selama 3 menit. EatNow ini tanpa MSG dan pengawet lho, jadi selain praktis tentunya sehat!

Promo eatnow paket ramadhan bulan berkah 2023

7. Senter dan lampu emergency

Camping di alam bebas tentunya tidak ada akses ke listrik, jika kamu pergi ke tempat wisata pun pasti akan terbatas. Lampu emergency akan jadi andalan untuk penerangan di kondisi ini.

Saat ini sudah banyak lampu emergency yang menggunakan baterai, atau di-charge dulu sebelum digunakan, sehingga kamu tidak perlu repot menggunakan lampu petromak yang harus diisi minyak.

Senter juga perlu dibawa untuk keadaan darurat jika lampu mati, dan senter dari handphone tidak cukup terang untuk dipakai.

8. Powerbank

Alat komunikasi sudah jadi hal yang penting untuk kita bawa kemanapun. Mengingat minimnya akses listrik ketika camping, kita perlu membawa powerbank untuk menjaga handphone tetap aktif.

Powerbank juga berguna untuk mengisi daya senter, beberapa jenis senter sudah mendukung pengisian daya dari baterai dan juga kabel USB.

9. Kantong sampah

Camping salah satu sarana terbaik untuk menikmati suasana alam yang segar, ketika pulang juga harus meninggalkan kesan yang baik untuk alam.

Kumpulkan sampah yang kamu hasilkan selama camping ke dalam kantong sampah dan bawa ke tempat sampah terdekat di area camping. Selain menjaga lingkungan, kamu juga turut membantu petugas kebersihan disana.

10. Peralatan P3K

Meskipun kamu hanya menginap dua atau tiga hari, jangan lupa tetap membawa peralatan P3K. Di alam bebas kamu bisa saja terluka karena ranting pohon, batu, atau terjatuh. Meskipun luka kecil namun jika tidak langsung diobati akan menginfeksi area kulit lain.

Selain obat luka dan plester, bawa juga minyak kayu putih, obat penurun demam, obat flu dan batuk, gunting kecil, alkohol pembersih, sanitizer, dan sabun.

11. Pisau lipat serbaguna

Baik untuk memotong makanan, membuka kemasan, atau lainnya, pisau lipat serbaguna akan jadi alat yang penting untuk dibawa saat camping.

Alat ini sangat praktis karena dalam ukurannya yang cukup kecil bisa memenuhi berbagai kebutuhan. Biasanya seukuran telapak tangan saja, terdiri dari gunting, pisau, pembuka kaleng, pinset, kaca pembesar, dan lain-lain.

12. Korek api

Si kecil yang sering terlupakan namun penting kehadirannya ketika di luar ruangan. Membawa korek api akan sangat berguna, misalnya ketika kehabisan gas dan harus memasak, korek bisa membantu untuk menyalakan api pada ranting kayu.

Kamu bisa membawa jenis korek gas atau elektrik untuk memudahkan kamu membuat api unggun atau sekadar memantik kompor, selain itu korek jenis ini juga lebih praktis.

Itulah daftar perlengkapan untuk camping yang perlu kamu bawa. Selain dari barang-barang di atas ada baiknya kamu cek kembali barang pribadi yang penting agar tak ketinggalan. Selamat berlibur!

Bermanfaat? Yuk, bagikan artikel ini!

About the Author: Devika

Crafting ideas into helpful information to be shared with you, EatNow Lovers!

Artikel lainnya

Leave A Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.