Mengenal Scallop: Kerang Putih yang Penuh Nutrisi

By Published On: 25 Juli 2023Categories: Blog

Tahukah kamu apa itu scallop? Atau kamu belum pernah dengar jenis seafood yang satu ini?

Scallop adalah nama lain dari kerang simping, salah satu jenis kerang yang memiliki daging warna putih dan halus. Kalau kamu tidak tahu kerang simping, kerang ini juga disebut sebagai kerang kampak.

Tidak hanya tampilannya saja yang cantik, kerang ini memiliki rasa yang lezat ketika sudah diolah, serta mengandung banyak nutrisi untuk kesehatan tubuh.

Manfaat dan nutrisi dalam scallop

Mengutip dari Hello Sehat, dalam 85 gram scallop mengandung banyak nutrisi diantaranya:

  • Energi: 90 kalori
  • Protein: 17 gram
  • Karbohidrat: 5 gram
  • Lemak: 0,5 gram
  • Asam lemak omega-3: 333 miligram
  • Selenium: 18,5 mikrogram
  • Fosfor: 362 miligram

Yang membuat scallop disukai banyak orang adalah kandungan lemaknya yang rendah namun memiliki protein yang cukup tinggi, cocok bagi kamu yang sedang diet. Selain itu, scallop mengandung lemak baik yaitu omega-3 yang bagus untuk perkembangan otak dan sistem saraf.

Segudang nutrisi yang terkandung dalam scallop membawa manfaat yang luar biasa untuk kesehatan, yaitu:

1. Meningkatkan fungsi otak

Kamu pasti sering dengar kalau omega-3 bagus untuk perkembangan otak, kabar baiknya nutrisi ini ada di scallop lho!

Vitamin B12 dan zinc membantu kurangi risiko terjadinya gangguan mental, misalnya depresi dan Alzheimer.

2. Makanan yang baik untuk diet

Meskipun tinggi protein, scallop termasuk makanan rendah kalori, jenis makanan ini cocok banget untuk kamu yang ingin menurunkan berat badan. Protein dalam scallop memiliki kualitas yang bagus, bahkan lebih baik dari daging ayam.

3. Mengurangi risiko kanker

Selenium adalah mikronutriens yang bermanfaat untuk mencegah risiko kanker dalam tubuh. Dalam sebuah penelitian dibuktikan bahwa tingginya selenium dalam darah, maka semakin rendah kemungkinan untuk terkena kanker seperti kanker paru-paru dan kanker usus besar..

4. Menjaga kesehatan jantung

Selain baik untuk kesehatan otak dan sistem saraf, omega-3 juga bermanfaat untuk kesehatan jantung. Kemudian magnesium dan kalium dalam scallop juga bisa menurunkan tekanan darah.

Bagaimana cara mengolah scallop?

Kerang merupakan filter feeder, yaitu hewan yang mendapat makanan dengan cara menyaring air di sekitarnya, sehingga dalam tubuh kerang berisiko mengandung logam yang berbahaya jika banyak dikonsumsi manusia.

Ikuti tips berikut kalau kamu tertarik untuk membeli dan mengolah scallop sendiri di rumah.

1. Pilih scallop dan bersih dan segar

Scallop biasa dijual di toko dalam keadaan sudah dikupas dari cangkangnya dan disimpan dalam plastik kedap udara. Daging scallop yang baik berwarna putih bersih, tidak berair, namun juga tidak terlalu kering.

Jika tidak ingin langsung diolah, simpan scallop dalam freezer. Untuk mencairkannya nanti kamu tinggal pindahkan scallop ke bagian chiller dahulu sehari sebelum diolah.

2. Jangan masak terlalu lama

Menurut Chef Benny Kesatria seperti yang ditulis Kompas, gunakan teknik panggang atau tumis untuk memasak scallop. Durasi saat memasaknya juga jangan terlalu lama untuk mempertahankan tekstur daging yang juicy.

3. Gunakan bumbu dan rempah yang beragam

Kerang yang hidup di laut sudah mengandung tinggi garam, untuk itu kamu perlu batasi penggunaan garam tambahan saat memasak. Kamu bisa gunakan rempah-rempah lain untuk memperkaya rasa misalnya lada dan bawang-bawangan, perasa jeruk lemon juga bisa ditambahkan untuk menjaga kesegaran daging.

Gimana EatNow Lovers, setelah tau apa itu scallop semakin penasaran mau coba bagaimana kelezatan dari kerang ini?

Gak perlu takut mahal, karena ada Bubur Hongkong EatNow berisi potongan daging scallop asli di dalamnya dengan harga yang terjangkau.

Beli Bubur Hongkong Scallop dan menu lainnya melalui official website EatNow, mumpung ada promo diskon sampai 33% lho! Tersedia juga di marketplace kesayanganmu.

  • How to Cook Scallops Perfectly Every Time. Diakses dari https://gooddecisions.com/cook-scallops-perfectly/
  • Jangan Masak Scallop Terlalu lama, Simak Tips Olah Scallop Berikut. Diakses dari https://www.kompas.com/food/read/2023/02/22/170700575/jangan-masak-scallop-terlalu-lama-simak-tips-olah-scallop-berikut
  • Inilah 4 Manfaat Scallop dan Cara Memasaknya. Diakses dari https://www.alodokter.com/inilah-manfaat-scallop-dan-cara-memasaknya
  • Cara Jitu Memasak Scallop yang Baik & Benar, Wajib Tau! Diakses dari https://superapp.id/blog/resep/scallop/

Bermanfaat? Yuk, bagikan artikel ini!

About the Author: Devika

Crafting ideas into helpful information to be shared with you, EatNow Lovers!

Artikel lainnya

Leave A Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.