Home / Blog / 5 Makanan Khas Qatar, Tuan Rumah Piala Dunia 2022

5 Makanan Khas Qatar, Tuan Rumah Piala Dunia 2022

Published On: 30 November 2022Categories: Blog

Sebagai tuan rumah di piala dunia 2022, Qatar pun menjadi sorotan dunia, tak terkecuali macam-macam makanan khasnya. Bagi kamu yang penasaran, yuk intip 5 makanan khas Qatar yang dijamin menggugah selera!

Makanan khas Qatar yang populer dan wajib dicoba

1. Kabsa

kabsa adalah makanan khas qatar, tuan rumah piala dunia 2022

Foto: MyMeal Catering

Kabsa atau Nasi Kabsah adalah hidangan nasi campur khas Arab yang disajikan dalam platter. Makanan ini biasa dianggap sebagai makanan khas negara di Jazirah Arab seperti Arab Saudi, Qatar, Kuwait, Bahrain, dan Uni Emirat Arab.

Nama Kabsa berasal dari bahasa Arab yaitu “kabasa” yang artinya menekan, hal ini mengacu kepada metode yang digunakan untuk memasak dimana semua bahan dimasak dalam (dimasukkan atau ditekan dalam) satu panci.

Kabsa dibuat dengan nasi basmati, daging, sayuran, dan campuran rempah yang kaya. Kalau kamu ingin mencoba masak Kabsa sendiri, sudah banyak tersedia bumbu Kabsa instan dengan bahan utamanya lada hitam, kapulaga, kunyit, cengkeh, jeruk nipis, kayu manis, pala, dan daun salam.

Ada tiga teknik dalam memasak daging untuk Kabsa antara lain:

  1. Mandi, daging dipanggang dalam lubang di dalam tanah yang tertutup.
  2. Mathbi, daging yang sudah dibumbui dipanggang di atas batu pipih dan diletakkan di atas bara api.
  3. Madghut, daging dimasak dalam panci presto.

Dalam penyajiannya, Kabsa bisa ditambahkan kacang almond, kacang tanah, kacang pinus, saus tomat, dan bawang merah sebagai pelengkap.

2. Thareed

Selain hidangan nasi, negara tuan rumah piala dunia 2022 ini juga dikenal dengan hidangan rotinya. Adalah Thareed atau Tharid, masakan rumahan berupa roti yang disajikan dengan sup berisi sayuran dan daging.

Seperti masakan Timur Tengah lainnya, Thareed juga menggunakan banyak rempah untuk supnya seperti lada hitam, kayu manis, kunyit, jinten, kapulaga, dan daun ketumbar.

Thareed biasa dimasak pada waktu musim dingin dan jadi comfort food yang menghangatkan tubuh. Selain itu, makanan ini juga sering dihidangkan ketika bulan Ramadhan dan Idul Fitri di Qatar.

5. Balaleet

Balaleet salah satu makanan khas Qatar, tuan rumah piala dunia 2022

Foto: Cookpad

Makanan khas Qatar selanjutnya adalah Balaleet, yang dibuat dari bihun manis dan harum ditambah telur dadar di atasnya. Mungkin terdengar aneh ketika makanan manis bertemu telur, namun rasa yang inilah yang membuat Balaleet jadi unik.

Mi bihun dimasak dengan bumbu rempah seperti kapulaga, kunyit, lada, garam, gula dan saffron. Kemudian bumbui telur dengan kapulaga, garam, dan lada, lalu dimasak dadar. Setelah semuanya matang, sajikan bihun dalam piring dan letakkan telur dadar di atasnya seperti topping.

4. Saloona

Saloona adalah masakan rumah berupa sup dengan daging ayam atau daging sapi. Mengutip dari Umroh.com, bumbu utama dari Saloona ini adalah bezar dan loomi. Bezar adalah racikan bumbu khas negara Emirati yang terdiri dari ketumbar, kayu manis, dan lada. Sedangkan loomi adalah lemon kering.

Untuk memasak Saloona, daging dipanggang matang dahulu sebelum dicampur dalam sup. Kemudian tumis bumbu dalam panci hingga harum, setelah itu tambahkan air dan masukkan sayuran.

Setelah sayuran empuk, masukkan daging sambil diaduk sesekali hingga air sedikit berkurang. Hidangkan Saloona bersama nasi atau roti sesuai selera.

5. Luqaimat

luqaimat - cemilan manis khas qatar

Foto: MyMeal Catering

Makanan manis khas Qatar selanjutnya adalah Luqaimat. Sekilas mirip Loukumades dari Yunani, atau donat yang biasa kita konsumsi.

Tekstur dari Luqaimat ini renyah di luar namun lembut di bagian dalamnya. Bahan utamanya adalah tepung terigu, tepung maizena, susu, gula, ragi, dan yogurt. Adonan dibentuk bulat-bulat kecil kemudian digoreng.

Cemilan manis ini biasa disajikan dengan sirup gula atau madu.

Nonton rangkaian pertandingan Piala Dunia 2022, bisa dapet hadiah? BISA BANGET! 💯

Ikuti keseruan rangkaian EATNOW WORLD CUP GIVEAWAY selama penyelenggaraan Piala Dunia 2022 berlangsung!!

Ada dua macam giveaway yang bisa kamu ikuti yaitu tebak skor dan lomba foto keseruan saat nonton pertandingan piala dunia. Hadiah total jutaan rupiah diundi setiap hari lho!

Yuk, ikuti giveaway-nya hanya di Instagram EatNow!

  • Thareed – a vegetarian twist to a traditional Qatari dish. Diakses pada 30 Nov 2022 dari https://www.iloveqatar.net/dining/foodieNews/vegetarian-qatari-food-thareed
  • Saloona, Semur Ala Emirati yang Khas dengan Bumbu Bezar. Diakses pada 30 Nov 2022 dari https://umroh.com/blog/saloona-semur-ala-emirati-yang-khas-dengan-bumbu-bezar/
  • Balaleet بلاليط. Diakses pada 30 Nov dari https://everylittlecrumb.com/balaleet-%D8%A8%D9%84%D8%A7%D9%84%D9%8A%D8%B7/
  • Luqaimat, Kudapan Manis Berlumur Sirup Kurma dari Timur Tengah. Diakses pada 30 Nov dari https://kumparan.com/kumparanfood/luqaimat-kudapan-manis-berlumur-sirup-kurma-dari-timur-tengah/2

Bagikan artikel ini

Leave A Comment