Daftar Kegiatan Produktif yang Bisa Dilakukan di Rumah

By Published On: 6 Oktober 2022Categories: Blog

Apa yang biasa kamu lakukan setelah bekerja, sekolah, atau di akhir pekan? Pastinya waktu luang ini bisa dimanfaatkan untuk istirahat setelah berkegiatan, ya. Minow sudah merangkum nih rekomendasi kegiatan produktif yang bisa kamu lakukan di rumah!

Baca juga: Makin Produktif dengan 7 Makanan Ini Saat Lembur

Sebenarnya kegiatan yang bagaimana sih yang dimaksud kegiatan produktif?

Kata produktif berasal dari istilah ekonomi “produktivitas” yang berarti ukuran kinerja ekonomi yang membandingkan jumlah barang dan jasa yang diproduksi (output) dengan jumlah input yang digunakan untuk memproduksi barang dan jasa tersebut.

Sementara itu, kegiatan produktif yang kita maksud disini adalah kegiatan yang memanfaatkan efisiensi waktu untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Hasilnya bisa bermacam-macam. Kalau kamu masih sekolah misalnya, kegiatan produktif dapat berupa belajar di kelas, ikut kegiatan ekstrakulikuler, atau ikut kompetisi untuk mendapat nilai yang bagus.

Nah, kira-kira apa saja ya contoh kegiatan produktif yang bisa dilakukan di rumah?

1. Memasak menu baru

Suka melihat makanan-makanan viral di internet? Cobalah untuk membuatnya di akhir pekan! Tidak perlu khawatir kalau hasilnya masih kurang dari segi rasa atau tampilan, karena kamu baru mencobanya pertama kali.

Mengutip dari Katadata, seseorang yang produktif merupakan orang yang mempunyai fokus untuk menyelesaikan pekerjaan penting dan tidak terlalu fokus pada kesempurnaan hasil. Kesempurnaan itu akan didapat ketika kita terus berlatih dan memiliki pengalaman.

Bagaimana, sudah tahu ingin coba masak apa akhir pekan ini?

2. Membaca buku atau majalah

Setelah berkegiatan seharian, mungkin kamu merasa lelah. Tapi, coba perhatikan jeda waktu antara kamu pulang sekolah atau kerja dengan waktu tidur, apa saja yang kamu lakukan?

Nah, di waktu tersebut, kamu bisa membaca buku atau majalah. Tidak perlu berlembar-lembar, baca saja 10 hingga 30 halaman sebelum tidur. Jika kamu tidak punya buku fisik, saat ini pun sudah banyak penyedia e-book gratis, misalnya iPusnas yang dikeluarkan oleh Perpustakaan Nasional.

Untuk menjaga kegiatan produktif ini, buatlah target untuk menyelesaikan 1 buku dalam 1 bulan. Membaca pun tidak hanya dilakukan di rumah namun bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun saat ada waktu luang.

3. Menulis jurnal

Contoh kegiatan produktif selanjutnya adalah menulis jurnal. Kegiatan yang biasa disebut journaling ini merupakan aktivitas menulis ataupun menggambar, yang biasanya dihias dengan stiker atau penggunaan ornamen dan tinta warna-warni.

Kamu bisa gunakan jurnal sebagai catatan kegiatan apa yang ingin kamu lakukan di hari itu, catatan penting, ide, atau diisi gambar-gambar seperti kliping.

Mengutip dari Healthline, menulis jurnal dapat menjadi sarana pelepas tekanan ketika kita sedang merasa kewalahan atau memiliki banyak hal yang terjadi dalam diri.

4. Merawat diri

Kegiatan produktif di rumah selanjutnya adalah merawat diri. Hayo, kapan terakhir kali kamu deep cleansing badan ketika mandi? Atau membersihkan kuku tangan dan kaki? Membersihkan tubuh adalah salah satu cara merawat diri agar tetap bersih dan sehat.

Tidak harus di akhir pekan, sepulang kamu berkegiatan pun bisa dilakukan. Mandi dengan air hangat akan menjadikan tubuhmu lebih rileks, membuat tidur lebih nyaman. Tidur yang berkualitas akan membuat bangun pagi lebih bersemangat dan produktif.

5. Berolahraga

Olahraga merupakan salah satu kegiatan produktif di rumah yang seharusnya rutin untuk kamu lakukan.

Bagi orang dewasa, olahraga dilakukan minimal 30 hingga 60 menit sehari sudah cukup. Kalau kamu tidak bisa berolahraga yang berat, kamu bisa jogging santai di pagi hari atau bersepeda.

Tujuan olahraga adalah agar tubuhmu mengeluarkan kalori yang masuk dari makanan, jika jumlah kalori dalam tubuh terkontrol, akan terhindar dari obesitas dan penyakit lainnya.

Punya gerakan dansa yang ingin kamu pelajari? Lakukanlah di sela waktu olahragamu, mood akan lebih baik jika dilakukan dengan musik favorit kita bukan?

6. Tidur sesuai kebutuhan

Tidur merupakan kegiatan produktif yang pasti bisa kamu lakukan di rumah. Selama tidur, bukan berarti kamu tidak melakukan apa-apa, karena organ dalam tubuhmu itu masih bekerja.

Tidur sesuai kebutuhan akan membantu jaga kesehatan. Faktanya, ketika kita tidur tubuh akan memulai serangkaian proses penting yang tidak kita sadari, misalnya proses pencernaan. Tidak heran kan saat bangun pagi kita merasa harus ke toilet?

Dengan tidur minimal 7 jam sehari, tubuh akan lebih berenergi untuk kembali beraktivitas dengan bugar di esok harinya.

7. Belajar menjahit

Jika di rumahmu ada mesin jahit, kamu bisa mulai menjahit sebagai hobi baru kamu selama di rumah. Hal yang bisa kamu mulai adalah menambal kain yang sobek, membuat pouch sederhana, atau belajar pola-pola menjahit lainnya.

Selain menjahit, kamu juga bisa mencoba kegiatan lain yang serupa dengan menjahit yaitu menyulam dan merajut. Kegiatan ini melatih tingkat ketelitian dan kesabaran kita dalam melakukan sesuatu untuk mencapai tujuan (misalnya, berhasil membuat baju).

8. Makan makanan sehat

Tahun 2022 hampir memasuki bulan-bulan terakhir, coba di review makananmu selama ini. Apakah kamu sering konsumsi makanan atau minuman yang tinggi gula dan garam? Bagaimana asupan sayur dan buahmu sehari-hari? Apakah kamu minum cukup air dalam sehari?

Makan makanan sehat bukan hanya kegiatan produktif, namun juga akan mendukung kegiatan produktif lainnya. Ketika akhir pekan, kamu bisa melakukan food preparation untuk menjadwalkan makan sehat seminggu ke depan.

Dengan menerapkan konsep food preparation ini, asupan sehat yang masuk ke tubuhmu akan lebih terjaga. Untuk bekal makan siang kantor atau sekolah pun tidak perlu bingung beli di luar yang belum tentu gizinya dibandingkan kita masak sendiri.

 

  • 6 Journaling Benefits and How to Start Right Now. Diakses pada 6 Okt 2022 dari https://www.healthline.com/health/benefits-of-journaling
  • Beberapa Hobi di Rumah yang Membuat Kamu Lebih Produktif. Diakses pada 6 Okt dari https://glints.com/id/lowongan/hobi-produktif-di-rumah/#.Yz48eXZBxD8
  • 6 Kegiatan produktif yang Perlu Diketahui. Diakses pada 6 Okt 2022 dari https://katadata.co.id/sitinuraeni/berita/6231750a6a331/6-kegiatan-produktif-yang-perlu-diketahui

Bermanfaat? Yuk, bagikan artikel ini!

About the Author: Devika

Crafting ideas into helpful information to be shared with you, EatNow Lovers!

Artikel lainnya

Leave A Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.