Bekal Makanan Mendaki Gunung Rekomendasi Ahli Gizi

Published On: 27 April 2022Categories: Blog

Tahukah kamu kalau aktivitas mendaki gunung itu butuh latihan dan juga energi yang ekstra? Untuk bisa mencapai puncak yang jalurnya berbatu dan menanjak, tentunya kamu perlu nutrisi yang baik agar tidak cepat kelelahan. Berikut MinNow rangkum bekal makanan wajib untuk mendaki gunung, menurut ahli gizi.

Sepenting Apa Pemilihan Bekal untuk Mendaki Gunung?

Mendaki gunung termasuk ke dalam aktivitas berat. Jika rata-rata kebutuhan kalori pria 2.500 kkal dan wanita 2.000 kkal per hari, maka untuk melakukan aktivitas berat perlu mengonsumsi 3.000 kkal per hari. Sebuah penelitian yang dilakukan Harvard Health menunjukkan bahwa seorang yang melakukan pendakian gunung dengan berat badan kurang lebih 84 kg dapat membakar hingga 532 kalori per jam. Jika asupan kalori yang dikonsumsi terlalu sedikit dan tidak seimbang dengan yang dikeluarkan, pendaki bisa cepat kelelahan atau pingsan.

Selain itu, pendaki juga membawa tas carrier yang besar berisi pakaian ganti, tenda, matras, dan keperluan penting lainnya. Jangan sampai demi meringankan beban, kamu meminimalisir bawaan bekal, atau membawa makanan instan yang kurang bernutrisi contohnya mi instan yang mengandung tinggi garam (natrium).

“Kandungan garam yang tinggi membuat cepat haus dan malah bisa menimbulkan dehidrasi. Dalam satu bungkus mi instan memiliki kandungan garam 37 persen,” jelas dr. Tan Shot Yen seperti yang dikutip oleh Kompas.

Ahli gizi Lauren Manaker MS, RDN, LD mengatakan pendaki gunung perlu memenuhi kebutuhan gizi antara lain karbohidrat yang sehat untuk membantu memberikan energi, serta protein dan serat untuk membantu membuat kenyang sehingga tidak perlu camilan yang berlebihan “untuk pendakian yang berat, asupan elektrolit utama seperti natrium dan kalium juga penting untuk menjaga keseimbangan cairan tubuhmu” sambungnya.

Berikut ini lima makanan sehat yang bisa kamu bawa untuk bekal mendaki gunung.

1. Protein bar

Tergantung pada jenis perjalanannya, pendaki gunung mungkin perlu menambah asupan protein. Sumber protein yang baik akan membantu untuk memperbaiki otot dan mencegah rasa lapar.

Protein bar adalah sumber protein yang bisa kamu temui di supermarket dengan mudah. Kemasannya yang ringkas bisa kamu selipkan ke kantor jaket atau tas kecil untuk snack di tenah jalan. Hindari protein bar dengan kandungan pemanis buatan.

2. Oatmeal instan

Bukan orang Indonesia namanya kalau tidak makan nasi. Namun saat mendaki, beras dapat menjadi beban yang berat dalam carrier kamu. Oatmeal dapat jadi pengganti beras sebagai sumber karbohidrat yang mengandung serat, vitamin B, magnesium, dan mangan yang mengenyangkan.

Di minimarket tersedia oatmeal instan yang sudah ditambahkan perasa, ada baiknya kamu pilih oatmeal polos dan racik sendiri bahan tambahannya. Misalnya, oatmeal dengan tambahan telur, kacang-kacangan, atau biji-bijian untuk menambah asupan protein dan lemak sehat yang dapat mendukungmu tetap bertenaga sepanjang hari.

3. Air mineral dan minuman elektrolit

Mendaki gunung akan menghabiskan energi karena membawa ransel yang berat dan melewati medan yang sulit, untuk itu sangat penting untuk menjaga hidrasi yang tepat.

Meskipun di gunung terkenal dengan mata air yang jernih, nyatanya tidak pasti kamu akan menemukan air bersih yang baik untuk dikonsumsi. Pastikan persediaan air mineral cukup agar tidak dehidrasi dan menjaga sistem pencernaan tetap sehat.

Beberapa botol minuman elektrolit juga bisa kamu bawa untuk memenuhi kebutuhan elektrolit dalam tubuh, atau mengatasi dehidrasi jika sudah terjadi. Jika kamu bisa mendapatkan sumber alami seperti air kelapa muda akan lebih bagus.

4. Susu bubuk

Susu merupakan sumber protein yang baik, vitamin D, kalsium, dan juga fosfor. Tidak disarankan membawa susu siap minum dengan kemasan kotak atau botol karena akan memberatkan bawaanmu. Karena kamu pastinya sudah membawa persediaan air, lebih baik kamu membawa susu dalam bentuk bubuk.

Susu juga dapat ditambahkan ke oatmeal instan, teh atau kopi untuk memberikan booster nutrisi.

5. Daging siap makan

Membawa masakan matang mungkin dapat berisiko basi di tengah perjalanan, tapi kamu bisa lho mensiasatinya dengan membungkus masakan dengan alumunium foil!

Tidak hanya daging sapi, ayam dan ikan pun dapat menjadi protein yang baik sebagai sumber energi saat mendaki gunung. Agar tidak cepat basi, olah daging tersebut dengan cara digoreng atau dipanggang. Bungkus alumunium foil juga ringan dan dapat disimpan dengan mudah dalam carrier kamu.

EatNow juga memiliki banyak varian daging yang bisa kamu bawa untuk mendaki gunung seperti menu Sate, Beef Yakiniku, dan Chicken Teriyaki. Dengan kemasan yang praktis, bisa langsung dimakan atau dihangatkan selama 1-3 menit. Yuk, beli sekarang, jangan sampai kekurangan nutrisi di pendakianmu selanjutnya ya!

Bagikan artikel ini

Leave A Comment